Pengalaman Daftar sampai menerima PIN dari Google Adsense

Assalamualaikum Wr.Wb sobatku sekalian, berjumpa lagi dengan saya diblog yang sederhana ini. Kali ini, saya ingin bercerita sedikit pengalaman saya dengan sobat semua. Ya, mungkin saja dari pengalaman yang saya share ini bisa jadi bermanfaat buat kalian.

Sebenarnya, saya juga memiliki akun Adsense. Tapi, tidak saya hubungkan dengan blog ini dikarenakan jumlah pengunjungnya yang sepi. Jadi, akun adsense yang saya miliki itu hanya saya hubungkan dengan channel youtube dan beberapa blog lainnya. Ini adalah akun adsense pertama yang saya miliki, dan sebentar lagi sudah mau PO jika allah mengijinkannya.

Waktu itu, jauh sebelum blog yang sekarang saya pakai ini dibuat, saya juga memiliki blog lain yang awalnya blog tersebut hanya berawal dari iseng-iseng saja. Tapi, setelah saya mengetahui bahwa dari blog juga bisa menghasilkan uang, akhirnya blog tersebut saya kelola lagi agar bisa menjadi lebih bagus lagi. Jumlah pengunjung yang ada pada blog tersebutpun sudah lumayan bagi saya, perhari bisa mencapai 400 penayangan, dan 500 penayangan jika lagi ramai.

Pengalaman Daftar sampai menerima PIN dari Google Adsense

Karena waktu itu saya hanya mengerti sedikit mengenai dunia blogging, yang saya bisa hanya menulis artikel saja. Sampai akhirnya, jumlah artikel yang ada diblog saya berjumlah 100 postingan. Semua artikel tersebut saya berikan niche tutorial, dan hanya memiliki jumlah kata sekitar 300-400.

Setiap baru publish artikel, saya cuman bisa melihat dan menanti kapan artikel tersebut bisa berada di Page One Google. Ya wajar sobat, karena waktu itu saya belum mengenal Search Consele atau Webmaster, jadi artikelnya tidak saya sumbit ke webmaster google. Ajaibnya, setiap artikel yang saya buat bisa berada pada hasil pertama pencarian google hanya dalam kurun waktu 3 hari. Setelah saya cek-cek lagi, ternyata banyak juga jumlah artikel saya yang nangkring di page one.

Sesekali, timbul keinginan bagi saya untuk melakukan share ke sosial media. Tapi, sayangnya tidak bisa dishare karena subdomain blogspot saya diblokir oleh Facebook. Padahal, saya tidak pernah meng-share link artikel saya di facebook, sedikitpun tidak pernah waktu itu. Setelah saya fikir-fikir, bisa jadi ini dikarenakan ada salah seorang pengunjung blog saya yang meng-share artikel saya ke Facebook. Bisa jadi ini yang membuat blog saya tidak bisa lagi dishare ke sosial media Facebook.

Karena blog saya tidak bisa untuk dishare lagi ke facebook dan juga instagram, akhirnya saya memutuskan untuk mengganti alamat blog saya dengan subdomain blogspot yang baru. Setelah subdomainnya saya ganti dengan yang baru, akhirnya blog saya bisa dishare lagi ke sosial media. Tapi tidak bertahan lama, blog sayapun kembali diblokir oleh facebook karena dilaporkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Ya, akhirnya blog tersebut saya biarkan saja subdomainnya seperti itu. Percuma diganti lagi, kalau akhirnya bakal diblokir oleh facebook lagi pikir saya. Lagian, artikelnya juga susah ke index lagi kalau saya ganti.

Setelah hampir mau satu tahun saya mengenal blog, akhirnya sayapun menemukan salah satu grup Blogger Indonesia yang ada di Facebook. Tidak berfikir lama, sayapun meminta ingin bergabung kedalam blog tersebut untuk mendapatkan ilmu baru tentang blogging. Nah, didalam grup ini saya bisa belajar banyak mengenai ilmu blogging, mulai dari SEO, ganti template, tempat gambar bebas hak cipta, meningkatkan pendapatan, dan masih banyak lagi. Dari grup tersebut, saya juga bisa tahu mengenai Mastimon, blogger yang memiliki penghasilan belasan juta perbulan.

Melihat hasil pendapatan Mastimon dari blognya tersebut, membuat saya semakin rajin untuk menulis dan mempercantik tampilan blog saya. Untuk tampilan blog sendiri, saya biasanya menggunakan template geratis dari Mas Sugeng. Kok yang geratisan, wajar karena saya masih misquin "hehehe"

Singkat cerita, timbul perasaan saya untuk mendaftarkan blog tersebut ke Adsense. Tapi, tidak jadi saya lakukan karena blog saya masih menggunakan subdomain geratisan dari blogspot. Bisa-bisa, akun adsense yang saya dapatkan berjenis hosted. Hosted artinya, akun adsense yang anda miliki hanya bisa menampilkan iklan di produk Google saja, seperti YouTube, Blogger, dan lain-lain. Berbeda dengan akun Non Hosted yang bisa menampilkan iklan dimana saja.

Saya pikir-pikir, lebih baik saya membeli domain dulu sebelum mendaftarkan blog tersebut ke adsense. Saya kumpulin dulu uang jajan saya untuk membeli domain, dan akhirnya uang tersebut berhasil cukup saya kumpulkan. Niat hati ingin membeli domain Com, tapi malah domain Net yang saya pilih karena keliru. Mungkin, saya terlalu tergesa-gesa waktu itu.

Domain tersebut saya beli di IDwebhost karena harga domain disitu murah meriah. Nah, domainnya langsung saya hubungkan (Custom) ke blog saya dengan bantuan dari tutorial blog orang lain. Betapa senang dan gembiranya yang saya rasakan ketika memakai domain tersebut, karena ini adalah pertama kalinya saya memiliki domain sendiri. Setiap hari buat artikel terus, publis dan langsung sumbit ke webmaster. Bagitu terus yang saya lakukan setiap harinya.

Karena blog tersebut saya rasa sudah cukup bagus, tanpa pikir panjang sayapun langsung mendaftarkannya ke Google Adsense. Sempat dekdekan karena takut ditolak, namun saya coba untuk tetap tenang dengan cara berdoa dan meminta kepada Allah supaya blog saya diterima. Betapa beruntungnya saya waktu itu, Allahpun langsung mengabulkan permintaan saya. Rasa dekdekan yang terjadi pada sayapun berakhir dengan rasa riang dan gembira, dikarenakan blog saya diterima oleh Adsense.

Langsung ganti template, dan langsung saya pasangi blognya dengan script dari adsense agar iklannya bisa tampil. Nah, sayapun menjadi tambah bersemangat lagi untuk ngeblog. Sampai akhirnya saya menerima berita bahwa banyak teman-teman blogger saya terkena badai banned oleh Adsense. Tapi, itu tak membuat semangat saya menjadi melemah, yang saya lakukan hanyalah menulis dengan cara berhati-hati.

Sayangnya, penghasilan saya dari blog hanya 2000 rupiah perhari. Tapi, ya tidak apa-apa karena lumayan untuk dijadikan tabungan pikir saya. Setelah berbulan-bulan, saya menjadi heran kenapa blog saya tidak tayang lagi iklannya. Setelah mencari tahu kesana kemari, ternyata masalahnya ada pada ID atau tanda pengenal.

Jadi, waktu itu Google nerapin peraturan baru untuk para publishernya. Akun lama dan baru wajib untuk verifikasi identitas ke Adsense. Nah, ini yang membuat saya menjadi bingung seketika, karena saya adalah seorang pelajar yang tidak memiliki KTP.

Masalah ini sempat saya biarkan sampai beberapa hari, dan akhirnya saya atasi dengan cara meminjam KTP teman saya yang berada jauh diluar kota. Setelah foto ktp tersebut saya upload ke adsense, besoknya langsung berhasil dan sudah ada juga email yang masuk dari adsense.

Setelah berhasil verifikasi ID, sayapun menjadi heran lagi dikarenakan emaik dari adsense yang menyatakan bahwa PIN sudah dikirim ke alamat yang ada pada ktpnya. Berhubungan ktp tersebut adalah punya teman saya, jadi PIN yang dikirim akan ditujukan sesuai alamat ktpnya. Sayapun sering bertanya kepada teman saya tentang PIN tersebut, apakah PIN yang kemaren sudah sampai?

Setelah menunggu beberapa bulan, PIN tersebut juga tidak sampai keblog.  Akhirnya saya coba untuk minta PIN yang baru di adsense. Allhamdulillah, akhirnya pin tersebutpun sampai kekantor pos di tempat saya, tapi belum jatuh ketangan saya. Jadi gini, waktu tukang possnya mau ngasih pin tersebut ke saya, sayanya tidak ada dirumah waktu itu. Yang ada hanyalah saudara saya, karena saudara saya ini tidak tahu apa-apa, akhirnya tukang poss tersebut disuruh pulang.

Ya, ini mungkin dikarenakan nama yang ada pada pin tersebut tidak dikenal oleh saudara saya, jadinya dijawab salah alamat deh. Ketika saya pulang, untungnya saudara saya itu masih ada dirumah, dan langsung menceritakan bahwasannya ada tukang poss yang datang. Sontak, saya langsung panik cari baju dan keluarin motor untuk pergi kekantor poss.

Saat saya sampai dikantor poss, saya harus menunggu beberapa jam karena saya datang dijam istirahat mereka. Setelah jam istirahat mereka habis, saya harus menunggu lagi karena waktu itu banyak orang yang mau ngirim paket. Setelah sunyi, sayapun langsung bertanya kepada penjaga possnya, "pak, ada kiriman dari Google Adsense untuk nama ini gak pak?" truss langsung dijawab sama tukang possnya, "ada, tapi bukannya udah dianter kealamat rumah ini tadinya?" saya jawab lagi dengan berbohong sedikit, "sudah sih pak, tapi gk ada orang dirumah saya tadi"

Dengan cepat, bapak tersebutpun langsung menghubungi nomer ponsel abang-abang tukang poss yang nganter pin saya tadi. Saya tanya lagi, "Gimana pak?" saya tanya, "Katanya, adak tunggu saja dia sampai ketempat ini, kalian ketemuan disitu" Langsung saya bilang terimakasih, dan langsung pergi ketempat yang tadi dibilang pak possnya.

Setelah menunggu beberapa menit, abang-abang tukang possnya pun langsung sampai dan memberikann pin tersebut kesaya, "hebat kamu, kok bisa dapet surat dari google?" tanya abang-abang tukang possnya, "Iya bang, soalnya saya maen youtube" Saya bilang aja youtube supaya dia ngerti.

Owh, betapa senangnya waktu itu. Langsung saya buka segelnya untuk melihat kode pin yang dikirim dari google untuk saya. Langsung saya buka dashboard adsense, dan langsung verifikasi dengan pin yang tadi dikirim.

Ya jadi begitulah ceritanya, saya harap kalian bisa baca tulisan saya ini. Saat ini, saya tinggal PO lagi yang belum. Saya gak punya rekening untuk po, jadi ya saya biarkan saja saldonya untuk tabungan. Jumlah perbulan yang saya dapatkan tidaklah banyak, palingan cuman tiga ratus ribu paling banyak.

Dari surat pin tersebut, ibu, ayah, dan tetangga menjadi heran melihat saya. Mereka heran kenapa saya bisa dapet surat pin itu, mau saya jelaskan sih sama mereka. Tapi, takutnya mereka gak ngerti nantinya. Saat ini, akun adsense saya terkena masalah traffic tidak valid, ini membuat jumlah tayangan iklan diblog saya dibatasi. Yang bisa saya lakukan saat ini hanyalah berdoa agar akun adsense saya bisa normal seperti kesemula.

Sekian artikel tentang cerita pengalaman saya hari ini, semoga kalian suka dan semoga bermanfaat!

3 Responses to "Pengalaman Daftar sampai menerima PIN dari Google Adsense"

  1. makasih tulisannya ini jadi motivasi buat aku, jadi semangat ngeblog lagi nih, wkwkw

    ReplyDelete
  2. wahhhh, soldo berapa minimal dapat pin dari Google Adsense kak ?

    ReplyDelete
  3. Yg request pin ke 2x pakek apa ya, pake ktp jg atau identitas lain, krn kbr nya gk blh pke ktp ad tulisan seumur hidup ?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel