5 Penyebab Anak Menjadi Malas Belajar

Anak adalah orang yang paling berharga bagi Suami dan juga Isteri. Demi seorang anak, setiap kedua orang tua rela melakukan apa saja demi anaknya. Seorang ibu rela terbangun kapan saja dari tidurnya, hanya untuk sang buah hati tercinta. Begitu juga dengan seorang ayah yang tak kenal lelah demi untuk menafkahi keluarganya.

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang di cintainya memiliki sebuah prestasi di sekolahnya. Tapi apa jadinya jika seorang anak yang Anda cintai saat ini menjadi berubah, malas belajar dan akhirnya tinggal kelas. Tentu saja hal ini akan membuat perasaan Anda sebagai orang tua menjadi kecewa, padahal Anda ingin sekali melihat anak Anda memiliki prestasi belajar walaupun tidak memiliki Ranking satu di sekolahnya.

Jika awalnya anak Anda adalah orang yang terbilang cukup pintar di sekolah, dan akhir-akhir ini dia berubah sifat dari yang sebelumnya, pasti ini semua ada sebabnya. Dia yang dulunya rajin belajar, memiliki Ranking di sekolah, dan tidak pernah membantah omongan orang tuanya, tapi semua itu menghilang secara tiba-tiba dari dalam dirinya. Anda wajib tahu dengan hal yang menyebabkan anak Anda menjadi seperti ini, dengan artikel ini akan saya jelaskan beberapa penyebabnya kepada Anda semua. Baiklah, langsung saja simak dan baca artikelnya dari saya berikut ini:

5 Hal yang Mempengaruhi Anak Menjadi Malas Untuk Belajar

5 Penyebab Anak Menjadi Malas Belajar

1. Terlalu di Manjakan

Pernah dengar istilah Anak Manja? Ya, anak manja adalah seorang anak yang terlalu sering dimanjakan oleh kedua orang tuanya. Salah satu sifat anak manja yang sering saya lihat adalah tidak mau berusaha dan terlalu sering menyerah jika gagal, hanya orang tuanya saja yang bisa di andalkannya. Sebenarnya, hal ini berasal dari perilaku orang tuanya yang terlalu berlebihan kepada Anak. Terlalu sering di manjakan dari kecil, maka sifat anak manja akan tumbuh dan akan dibawa sampai besar nanti oleh anak Anda. Jika terus-terusan begini, bisa saja anak yang Anda miliki akan berubah menjadi pemalas dan jahat.

2. Terlalu Kasar Dalam Mendidik

Mendidik anak adalah hal yang wajar dan memang seharusnya dilakukan oleh kedua orang tua, tapi tahukah Anda? Semua itu ada batasannya. Terlalu di batasi, sering dikasari, dipukuli, dimarahi, dan lain-lain, semua itu bisa saja membuat anak Anda menjadi berubah sifat. Dia yang dulunya adalah anak yang rajin belajar, dan tidak pernah membantah omongan Anda, tapi lama-kelamaan dia akan berubah karena prilaku Anda yang terlalu menekannya.

Bukan hanya anak saja, semua orang juga pasti akan tertekan jika Anda mengasarinya setiap hari. Ada baiknya jika Anda memberikan sebuah nasehat dengan nada yang lembut, dan tidak dengan nada yang kasar dan juga dengan kekerasan. Percayalah, pasti anak Anda tidak akan merubah sifatnya yang rajin belajar. Anak juga adalah orang yang punya hati, dia juga pasti mengerti dengan keinginan orang tuanya sendiri.

3. Pengaruh Teman

Terkadang, seorang teman juga dapat merubah sifat yang dimiliki oleh anak Anda. Biasanya hal ini akan terjadi tanpa disadari, baik itu orang tua dan juga anak Anda sendiri. Tapi semua itu juga tergantung dari temannya juga, Anda tidak boleh asal tuduh dan juga tidak salah sangka.

Sebelum hal ini terjadi, Anda wajib mencegahnya dengan cara yang sewajarnya saja. Anda bisa lihat dari sifat teman yang dimiliki oleh anak Anda, jika menurut Anda bagus dan tidak jahat, Anda bisa membiarkannya saja. Tapi jangan melihat hanya dari luarnya saja, lihat juga dari sifat dari dalam diri teman anak Anda tersebut.

4. Permainan Atau Game

Game adalah permainan yang dapat membuat siapa saja menjadi lupa akan waktu, tapi tidak semua orang juga yang seperti ini. Sekarang teknologi sudah semakin canggih, hari demi hari selalu saja berkeluaran jenis-jenis game yang sangat menarik untuk dimainkan. Tentu saja hal ini akan membuat anak menjadi tertarik untuk mencoba game tersebut, dan ujung-ujungnya dia akan lupa belajar karena keasyikan bermain game.

Jika Anda takut akan hal ini, Anda boleh mengambil tindakan dengan cara membatasi anak untuk bermain game. Jika anak Anda suka bermain game pada Smartphone, buatlah jam waktu isirahat atau waktu bermain-main. Bukannya saya sok tahu, tapikan tidak ada salahnya juga jika saya memberikan sedikit saran kepada Anda.

5. Kurangnya Dukungan

Terkadang, seseorang membutuhkan support dari orang lain untuk membuat dirinya menjadi bersemangat. Contohnya saja sebuah klub sepak bola, jika di berikan support dari para penggemar, bisa saja klub sepak bola tersebut akan mengejar ke tertinggalan dan meraih sebuah kemenangan. Begitu juga dengan anak Anda, jika kurangnya dukungan yang Anda berikan kepadanya, mungkin ini yang akan menjadi penyebab anak Anda jadi malas untuk belajar. Maka dari itu, berikan terus dia dukungan, dan doa dari Anda. Jika Allah mengizinkan, mungkin semua doa yang Anda ucapkan untuk anak Anda akan jadi kenyataan.

Itulah beberapa penyebab yang membuat anak menjadi malas untuk belajar. Hanya ini saja yang dapat saya sampaikan, kurangnya bisa Anda tambahkan pada kolom komentar.

Sekian artikel dari saya kali ini, semoga Anda suka. Terimakasih saya ucapkan untuk Anda yang sudah membaca artikel ini, dan jangan lupa untuk share artikel ini kepada orang yang membutuhkan. Semoga bermanfaat!

0 Response to "5 Penyebab Anak Menjadi Malas Belajar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel