6 Alasan Mengapa Kita Sebaiknya Menurunkan Konsumsi Gula

Gula adalah bahan makanan yang biasanya sering kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya pada minuman saja, kita terkadang juga sering menambahkan gula kedalam beberapa masakan. Bahkan, sebagian camilan yang pernah kita konsumsi juga memiliki tambahan gula yang berjumlah cukup tinggi.

Alasan Sebaiknya Menurunkan Asupan Gula

6 Alasan Mengapa Kita Sebaiknya Menurunkan Konsumsi Gula

Seperti yang kita ketahui, gula memang bisa membantu kita untuk membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat. Tapi, beberapa pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan. Buat Anda yang seringkali mengonsumsi gula dalan kehidupan Anda sehari-hari, akan lebih baik jika Anda menurunkan asupan gula harian.

Nah, dibawah ini adalah alasan kenapa kita harus menurunkan asupan gula:

1. Bisa Membuat Kita Lebih Fokus

Dampak pertama yang akan kita peroleh dari mengurangi asupan gula adalah bisa menjadi lebih fokus dan berkonsentrasi. Walaupun sebenarnya gula dipercaya bisa memberikan kita energi tambahan, tapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan justru bisa membuat energi yang kita miliki menjadi semakin menurun dan pada akhirnya ini bisa membuat kita sulit untuk berfikir lebih jernih. Didalam dunia medis, dampak ini biasanya disebut sebagai Sugar Crush.

Terjadinya hal ini dikarenakan terjadinya kadar gula darah yang akhirnya berimbas pada dilepasnya insulin dalam jumlah yang banyak demi menurunkannya. Hal ini tentu saja akan menyebabkan penurunan energi yang kita miliki menjadi sangat drastis, dan pada akhirnya bisa saja membuat otak kita menjadi tidak berfungsi dengan maksimal.

2. Menyediakan Energi

Seperti ungkapan yang sudah saya berikan diatas, makanan yang mengandung gula bisa menambah energi, namun juga bisa menurunkan energi dengan cepat. Jika kita biasakan untuk memulai dirikita menurunkan asupan gula, hal ini bisa saja membuat energi didalam tubuh akan menjadi lebih terjaga nantinya.

Jika Anda memang tidak bisa melupakan gula, akan lebih baik lagi jika kita memanfaatkan gula alami yang terkandung didalam buah-buahan. Hal ini bisa membantu kita untuk menyediakan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Menyehatkan Usus

Cintai ususmu, kurangi konsumsi gula berlebihan tiap hari. Konsumsi gula dalam jumlah yang berlebihan ternyata bisa menyebabkan pengaruh buruk bagi kesehatan pencernaan seperti usus. Ini terjadi dikarenakan sifat gula yang kurang mengandung banyak kadar serat. Padahal, usus sendiri membutuhkan asupan serat yang cukup supaya kondisinya bisa menjadi tetap prima. Selain hal itu, serat juga dapat membantu kita untuk menjaga keseimbangan bakteri baik didalam usus terjaga.

Berdasarkan penelitian yang pernah diunggah hasilnya oleh Food Information Council Foundation, disebutkan bahwa sebenarnya konsumsi gula dalam jumlah berlebihan bisa meningkatkan resiko terkena pradangan, perut kembung, dan juga sembelit. Jika kita menurunkannya, maka kondisi pencernaan pun akan menjadi lebih baik.

4. Tidak Mudah Lapar

Alasan yang selanjutnya adalah tidak mudah lapar. Tahukah Anda? Terlalu banyak mengonsumsi gula juga dapat membuat perut menjadi lebih cepat lapar, hal ini dikarenakan tubuh yang kurang mendapatkan asupan serat yang cukup. Padahal, sebenarnya tubuh kita ini sangatlah membutuhkan serat agar perut kita bisa menjadi lebih kenyang dalam waktu lama.

Bayangkan saja jika kita adalah orang yang sangat mudah lapar, pastinya kita akan lebih mudah untuk mengambil makanan tidak sehat yang bisa memicu kenaikan berat badan. Beberapa resiko lainnya seperti obesitas, diabetes, dan masalah kesehatan kronis lainnya pun akan datang dan meningkat dengan sendirinya.

5. Mengatasi Gangguan Tidur

Siapa bilang gula tidak dapat mengatasi gangguan susah tidur? Perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya kebanyakan mengonsumsi gula juga dapat mengganggu tidur kita. Ini dikarenakan sifat gula yang cenderung membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh.

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya, percayalah bahwa hal ini bisa menimbulkan gangguan pada pencernaan dan membuat perut kita menjadi kembung. Nah, kondisi yang seperti ini bisa saja mengganggu waktu tidur kita dengan signigikat.

6. Menyehatkan Kulit

Siapa sangka jika mengurangi asupan gula sehari-hari bisa berguna untuk menjaga kulit agar menjadi lebih sehat? Ya, terlalu banyak asupan gula bisa merusak kondisi kolagen didalam kulit.

Tidak hanya itu saja, bahkan masalah lainnya seperti: penuan dini, masalah jerawat, dan masalah lainnya yang belum kita ketahui.

Nah, artikel diatas berisi penjelasan dan alasan mengapa kita harus mengurangi asupan gula dalam minuman dan makanan. Dengan begini, maka kehidupan kita bisa menjadi lebih baik tanpa harus takut terkena diabetes (Sakit gula).

Jadi itulah sedikit artikel yang bisa saya berikan untuk kalian semua, semoga kalian suka dan semoga bermanfaat!

0 Response to "6 Alasan Mengapa Kita Sebaiknya Menurunkan Konsumsi Gula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel