7 Cara Agar Puasa Tetap Sehat

Bulan ramadhan merupakan bulan yang paling di tungu-tunggu kedatangannya oleh para umat muslim diseluruh dunia. Selain umat muslim, bulan ramadhan juga sangat berarti bagi para pedagang untuk menjual makanan buka puasa yang mereka sediakan. Bulan ramadhan datang dengan penuh rahmat untuk menemani umat muslim dalam mencari fahala yang berguna sebagai bekal diakhirat nanti. Mari sama-sama kita sambut bulan suci ramadhan yang akan datang ini dengan seksama. Setelah berpuasa penuh dalam sebulan, bulan ramadhan akan segera berganti menjadi hari raya idul fitri, hari yang paling kita semua tunggu-tunggu untuk merayakan hari kemenangan umat muslim diseluruh dunia.

Berpuasa tidak soal menahan rasa lapar dan haus saja, tapi Anda juga diwajibkan untuk menahan nafsu dari hal apapun yang dapat membuat dosa, dan Anda juga harus beribadah serta berbuat baik kepada yang lainnya. Pada saat berpuasa, tentunya Anda harus tetap dalam keadaan yang sehat dan tidak sedang dalam keadaan sakit. Jika Anda sakit, bisa saja puasa yang sedang dijalani menjadi batal karena harus meminum obat. Nah, sebelum hal tersebut terjadi kepada Anda, ada baiknya jika Anda menjalani ibadah puasa secara sehat.

7 Cara Agar Puasa Tetap Sehat

Nah, kali ini saya akan membahas beberapa tips sehat pada saat berpuasa. Jika Anda ingin tetap dalam keadaan yang sehat pada saat berpuasa, kamu bisa mencoba beberapa tips yang sudah saya sediakan.

Tips Sehat Saat Puasa

1. Makan dengan porsi normal

Setelah berpuasa selama satu harian penuh, pasti Anda akan berpikir untuk makan dengan porsi yang banyak jika sudah saatnya. Anda pasti akan berpikir untuk menyantap semua menu makanan buka puasa yang terhidang, baik itu makanan maupun minuman. Ya, semua itusih wajar jika menurut saya pribadi, tapi Anda harus tahu bahwa hal tersebut dapat merugikan kamu. Terlalu banyak makan pada saat berbuka dapat membuat perut Anda menjadi sakit, itu karena makan dalam jumlah berlebihan dapat membuat perut menjadi penuh. Menurut para Dokter ahli kesehatan, terlalu banyak makan saat berbuka menyebabkan perut menjadi kram, bahkan juga dapat menimbulkan diare dan gangguan gastroentritis. Ini dikarenakan perut Anda yang sebelumnya berhenti menggiling makanan karena kosong, terpaksa harus bekerja keras setelah beristirahat penuh selama seharian.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar tidak sakit perut? Caranya sangatlah gampang, Anda bisa meminum air terlebih dahulu pada saat berbuka, dan pilihlah untuk memakan makanan ringan terlebih dahulu. Untuk makanan ringannya, Anda bisa mencicipi makanan ringan seperti kurma, atau yang lainnya juga boleh asalkan itu makanan ringan.

2. Kurangi mengonsumsi makanan manis

Terlanjur suka dengan makanan yang manis-manis? Sebaiknya stop dulu untuk memakan makanan yang memiliki rasa manis pada saat berbuka, karena itu tidak baik untuk kesehatan Anda. Gula darah pada tubuh Anda akan menjadi naik pada saat berpuasa, dan akan semakin bertambah naik jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Walaupun tidak semua orang sering mengalami gula darah yang tinggi pada saat berpuasa, tapi tidak ada salahnya juga jika kita berjaga-jaga.

Selain dapat menaikkan gula darah, makanan manis juga dapat membuat tubuh terasa lemas disiang hari. Ahli kesehatan mengatakan bahwa gula hanya dapat memberikan energi pada tubuh dalam jumlah besar pada waktu yang singkat, dan setelah itu Anda akan kehilangan energi. Kehilangan energi disaat berpuasa dapat membuat Anda menjadi lemas, pusing, ngantuk, dan bahkan mempengaruhi Anda menjadi orang yang pemarah. "Haduh, kalau udah marah-marah ya bisa jadi batal puasanya".

3. Perbanyak minum air putih

Jika Anda adalah orang yang sangat jarang minum, sebaiknya berhentilah melakukan kebiasaan itu karena tidak baik untukmu. Ada baiknya jika kamu menginsumsi air putih dalam jumlah banyak pada saat berpuasa, minumlah air putih pada saat sahur, berbuka, dan dimalam hari pada saat ingin tidur. Air putih sangatlah penting untuk tubuh kamu, apa lagi pada saat berpuasa. Tubuh akan menginginkan cairan yang lebih saat berpuasa, ini dikarenakan cuaca panas dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi dan kulit kering.

4. Menginsumsi buah dan sayur yang banyak

Kebanyakan orang lebih memilih makanan yang digoreng untuk menu sahur dan berbuka puasanya, sebaiknya hilangkan kebiasan ini jika Anda ingin tetap menjadi sehat. Dari pada memilih makanan yang digoreng, sebaiknya pilih saja makanan sehat seperti buah dan sayuran. Ada banyak manfaat keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari buah dan sayuran, selain bisa bikin sehat, buah dan sayuran juga bisa membuat perut menjadi kenyang dalam waktu yang lama. Ini dikarenakan buah dan sayuran mempunyai kandungan serat tinggi yang berfungsi sebagai penahan rasa lapar, dan kalorinya juga tidak terlalu banyak.

Pada umumnya semua buah dan sayur itu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat menjaga daya tahan tubuh untuk mencegah datangnya penyakit, tapi perlu diperhatikan juga untuk memilih buahnya karena tidak semua buah dapat menyehatkan. Sebaiknya jauhi dulu buah-buah seperti jeruk, lemon dan limau pada saat berpuasa, kenapa? Karena buah yang bersifat asam dapat membuat perut menjadi sakit.

5. Minum vitamin

Ketika berpuasa, tubuh akan terasa lebih lemas dari biasanya. Karena dari itu, kamu membutuhkan vitamin sebagai sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dan sehat. Nah, selain buah dan sayur, minum vitamin juga sangat dianjurkan untuk Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa. Untuk vitaminnya kamu bisa membelinya sendiri di apotik-apotik terdekat dirumahmu, dan harganya juga tidak terlalu mahal jika menurut saya.

6. Melakukan olahraga kecil

Mentang-mentang puasa, terus kamu mau seenaknya aja berdiam diri dirumah? Tidak, karena berpuasa itu bukanlah alasan yang dapat melarang kamu untuk tidak berolahraga. Walaupun kegiatan olahraga dapat mengancam kamu untuk berbuka karena lelah, tapi olahraga itu adalah cara yang dapat menyehatkanmu. Jika kamu tidak mau olahraga karena capek, kamu bisa memilih untuk menlakukan jenis olahraga yang kecil saja supaya tidak gampang lelah.

Jika ingin berolah raga pada saat berpuasa, sebaiknya lakukanlah pada waktu yang hampir dekat dengan waktu berbuka supaya kamu bisa langsung minum jika merasa lelah, ya itung-itung untuk mengulur waktu gitulah. Untuk jenis olahraga kecil, mungkin kamu semua sudah pada tahu dan tidak perlu saya ajarkan lagi.

7. Tidur yang cukup

Dari pada tips yang sebelumnya, mungkin tips yang ini adalah tips yang paling Anda suka dan sudah menjadi cara yang paling sering Anda coba. Tapi Anda harus tahu bahwa tidur itu bukan hanya untuk mengulur waktu saja, tapi tidur itu juga dapat menyehatkan jika dilakukan dengan normal dan tidak terlalu berlebihan. Tidur dengan cukup dapat meningkatkan ketahanan tubuh dari segala macam penyakit, dan juga menjauhkan Anda dari stres.

Tidur yang cukup juga berfungsi sebagai sumber penambah tenaga Anda pada saat berpuasa, sehingga Anda bisa tetap merasa fit pada saat berpuasa seharian penuh. Perlu Anda ketahui bahwa tidur yang saya katakan kali ini bukan untuk disiang hari, melainkan harus dilakukan pada saat malam hari. Terlalu banyak tidur juga tidak baik untuk Anda, karena tidur terlalu lama juga dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas.

Jadi itulah 7 cara sehat saat berpuasa, semoga tips dari saya ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Tetap kunjungi terus blog ini untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya dari saya, dan kamu juga bisa bagikan artikel ini kepada semua temanmu yang lainnya. Semoga bermanfaat!
Nada Tazkia Hello Kitty Berhijup ^_^

0 Response to "7 Cara Agar Puasa Tetap Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel